Pemerintah Kab. Nganjuk
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Ketua TP-PKK Jawa Timur dan Pangdam V/Brawijaya Tinjau Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor KB


 2020-07-06 |  Admin DPPKB

Nganjuk – Senin, 29 Juni 2020 bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke 27, telah dilaksanakan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor KB dan Bakti Sosial Pelayanan KB Medis Operasi Pria (MOP) di RS Alf Subtin Loceret Nganjuk.

PANGDAM KODAM V/ BRAWIJAYA Mayjen TNI Widodo Iryansyah, S.Sos, MM , Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd bersama dengan Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat, S.Sos, MM, Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, SE, SH, MH, MBA, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Sophia Rahman Hidayat turut hadir untuk meninjau langsung pelaksanaan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor KB di dua tempat di Kabupaten Nganjuk yaitu di RS Alf Subtin Loceret dan Klinik Dinas Kesehatan Tentara (DKT) di Jl. Panglima Sudirman Nganjuk.

Pada sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur menekankan bahwa “Keluarga unit terkecil di Indonesia, di seluruh dunia, merupakan ujung tombak dari pembangunan bangsa, karena kita semua itu lahir dari sebuah keluarga”. Ibu Arumi juga memberikan apresiasi kepada para peserta KB MOP dan mengingatkan mengenai adanya Bonus Demografi.

Di akhir sambutannya Ibu Arumi memberikan sebuah pantun “Membeli kacang di Pasar Ketapang, janganlah lupa membeli kentang, kalau dirimu benar-benar sayang, ikut Vasektomi janganlah kau tentang”.

Pada acara puncak peringatan HARGANAS XXVII ini juga dilaksanakan pelayanan KB IUD dan Implan di Seluruh Faskes untuk mendukung tercapainya Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor KB. Untuk di RS Alf Subtin sendiri diadakan kegiatan Baksos Pelayanan KB MOP yang diikuti oleh 22 orang pria dan masing-masing mendapatkan reward sebesar Rp1.000.000;.  Selain itu juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Foto Keluarga yang diadakan oleh Dinas PPKB serta penyerahan bantuan sembako kepada kader yang kurang mampu.

Seluruh rangkaian kegiatan Pelayanan KB ini tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. (/els)