Pemerintah Kab. Nganjuk
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

INOVASI PELAPORAN KADER BERBASIS ONLINE


 2020-01-29 |  Admin DPPKB

Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaporan KKBPK oleh Kader PPKBD dan Sub-PPKBD di seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nganjuk menciptakan Inovasi berupa Pelaporan Kader Berbasis Online dengan memanfaatkan platform gratis yaitu Google Spreadsheet.

 

Inovasi Pelaporan Kader Berbasis Online sudah dilaksanakan sejak Januari 2019. Dalam pelaksanaan inovasi ini tidak terlepas dari adanya kendala. Kendala yang muncul yaitu tidak semua Kader memiliki HP berbasis Andorid, sedangkan syarat utama agar inovasi ini dapat berjalan dengan baik adalah Kader harus memiliki HP berbasis Android dan jaringan internet. Dinas sendiri tidak memiliki kewenangan untuk mewajibkan Kader memiliki HP Android, hal ini dikarenakan Kader merupakan tenaga sukarela di lini desa.

 

Meskipun demikian, ada beberapa kecamatan yang kadernya sudah melakukan pelaporan secara online, yaitu Kecamatan Prambon, Kecamatan Ngetos, Kecamatan Tanjunganom dan Kecamatan Loceret. Evaluasi terhadap inovasi ini selalu dilakukan setiap bulannya untuk meningkatkan kinerja inovasi. Harapannya semoga kedepannya pelaksanaan inovasi ini dapat dilakukan secara merata dan maksimal agar pelaporan KKBPK dapat dilakukan dengan cepat dan tepat dari tingkat kader sampai tingkat kabupaten.